Gimp Text Tool

Perubahan besar pada Gimp 2.8, adanya manajemen text yang sangat memudahkan dalam membuat tata letak huruf yang lebih dinamis. Biasanya peran huruf pada software grafis memang tidak sehebat software pengolah huruf yang memang di khususkan untuk membuat surat, laporan dan lain sebagainya. Walaupun begitu pengelolaan huruf juga sangat penting pada software grafis, karena selain kita mengolah gambar, foto, grafis, untuk lebih komunikatif desain kita juga memerlukan huruf. Dalam desain terapan 2D, seperti pembuatan leaflet, brosur, spanduk, banner dan lain sebagainya, penerapan pengolahan komposisi gambar dan huruf sangat mempengaruhi keberhasilan desain gafis yang biasanya berkutat pada advertising/ mengiklankan suatu produk atau jasa.
Screenshot seperti dibawah ini

Kemajuan Text Tool terlihat pada pertama Box Dynamic (ketikan huruf yang kita buat akan terus memanjang bila kita tidak menekan enter), kedua Box Fixed ( dimana kita buat kotak paragraf, kemudian ketikan yang kita buat akan mengikuti kotak yang kita buat, walaupun tanpa menekan enter), ketiga bila kita klik text tool ke layar kerja, otomatis akan muncul text editor. Disitu kita bisa mengubah huruf, memperbesar/memperkecil huruf, membuat huruf bolt. italic, garis bawah, garis tengah huruf, juga bisa mengatur jarak spasi, merenggangkan dan merapatkan antar huruf serta dapat merubah warna huruf yang kita pilih/select.

Screenshot seperti dibawah ini

text tool-1text tool-2

Kemampuan editor text diatas, ada kemajuan dari pengembang biarpun kita belum bisa merisize huruf menggunakan ‘scale tool’, bilamana kita merisize menggunakan scale tool, huruf yang kita buat sudah tidak bisa diedit lagi.
Untuk lebih jelas lihat videonya disini